banner 728x250

RAT KopBun SMS Berjalan Lancar, H Muhtar Terpilih Pimpin Koperasi Petani Sawit di Batui

  • Bagikan
H Muhtar pengusaha sukses asal Batui terpilih secara aklamasi memimpin koperasi perkebunan Sawit Maleo Sejahtera pada RAT tahun buku 2020.

, – Pelaksanaan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun buku 2020 Koperasi Perkebunan Sawit Maleo Sejahtera (SMS) yang digelar di Graha Pemda Banggai, Jalan KH Ahmad Dahlan, Kelurahan Luwuk, Kabupaten Banggai, Sabtu (16/10/2021) berjalan lancar.

Sebelumnya serikat tani melalui perwakilannya Widyastuti M Yamin melayangkan surat kepada pengurus KopBun SMS yang menyampaikan pendapatan sekaligus masukan pada intinya dapat dilibatkan dan diikut sertakan dalam pelaksanaan RAT KopBun SMS itu. Mereka berharap nantinya Kopbun SMS dapat memberikan faedah bagi anggota dan calon anggota baru sesuai amanah undang-undang perkoperasian.

Pada kegiatan RAT KopBun SMS itu, H Muhtar salah seorang pengusaha sukses di Kecamatan Batui terpilih secara aklamasi memimpin KopBun SMS yang beranggotakan sekira 609 orang. H Muhtar dalam memimpin akan dibantu Abdul Hamid sebagai Wakil Ketua, Faidil selaku sekretaris, Muh Afdal sebagai wakil sekretaris dan Riwan sebagai bendahara.

Terpilihnya H Muhtar pada RAT KopBun SMS bukan tanpa alasan, sosok pengusaha ini dinilai memiliki program kerja yang sangat mempuni yang diyakini dapat meningkatkan koperasi dan menyejahterakan anggotanya.

Pada bidang organisasi, nantinya pengurus akan melengkapi peralatan kerja dan buku-buku untuk administrasi, meningkatkan pembinaan serta pengawasan yang terarah dan terpadu, meningkatkan kemampuan perkoperasian melalui pendidikan koperasi baik bagi pengurus, pengawas maupun anggota.

Sementara  bidang permodalan, H Muhtar akan menghimpun dana dari anggota melalui simpanan pokok, simpanan wajib, dan simpanan sukarela. Termasuk mencari pendanaan ke pihak perbankan untuk melunasi biaya pembangunan kebun kepada inti atau perusahaan.

Sedangkan untuk bidang usaha, turut memonitor aktivitas operaional kebun plasma dengan tujuan peningkatan pendapatan petani.

Termasuk pelibatan anggota dalam kegiatan penanaman dan peralatan serta meningkatkan pengetahuan tentang teknis tanam sawit baik itu melalui training, penyuluhan secara teori dan praktik.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Banggai, Ernainni Mustatim menyampaikan ucapan selamat atas terselenggaranya RAT KopBun SMS yang kemudian memilih H Muhtar sebagai ketuanya. Disampaikan Ernaini agar pengurus baru dapat menjalankan tugasnya dengan baik serta menjaga amanah anggotanya.

Pelaksanaan RAT KopBun SMS ujar Kadis Koperasi dan UMK Banggai, merupakan kegiatan khusus yang hanya melibatkan para anggotanya. Sehingga tidak ada pihak lain diluar anggota yang dapat mengintervensi pelaksanaan RAT itu sekalipun Bupati Banggai dan Kadis Koperasi dan UMK.

“Saya mengamanatkan, kerja-kerja yang tertunda agar segera diselesaikan dalam rapat. Jika pengurus tidak  berjalan dengan baik maka anggota dapat melaksanakan rapat anggota luar biasa untuk menyelamatkan sekaligus mengganti mereka. Jaga amanah anggota semua semoga berjalan sukses dan lancar kedepan,” tutur Ernaini.

Sejumlah anggota KoBun SMS menyebutkan, RAT tahun buku 2020 dapat diterima serta menerima sejumlah saran dan masukan dengan tujuan agar seluruh anggotanya benar benar meneriima manfaat serta membuat sejahtera anggotanya. (IKB)

Baca Juga

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *