banner 728x250

Akibat Hujan Deras, Desa Paisumosoni Terkena Longsor

  • Bagikan
banner 468x60

“Pipa saluran air bersih putus”

Penulis : Arman L
Edit. : Imam Muslik

KABAR LUWUK, BANGKEP – Hujan deras yang berkepanjangan mengakibatkan longsor di beberapa titik di Banggai kepulauan,salah satunya yang melanda desa paisumosoni, longsor yang mengakibatkan putusnya saluran air bersih desa, hujan deras turun mulai sejak tanggal 9 sampai dengan 11 September 2021.

Akibat hujan berkepanjangan yang mengguyur sejak beberapa hari terakhir,saluran pipa air yang ada di desa paisumosoni terputus total,hal ini di akibatkan longsornya tanah di tebing yang di lalui pipa air,dan terpaksa masyarakat desa paisumosoni harus mengambil air di desa tetangga.

“Dan akibat terputusnya saluran pipa air, kepala desa paisumosoni Gunawan, mengambil langkah dengan menggunakan dana desa untuk pengadaan pipa air sebanyak 4 batang, mengganti pipa yang telah putus dan tertimbun tanah longsor, karena perlu di ketahui bahwa semua ini masuk pada program PKTD.Terang Kades.

Baca Juga  Pegadaian Luncurkan Aplikasi C- Talks Bagi Nasabah

Kades juga mengharapkan kepada pemerintah daerah dalam hal ini Dinas BPBD dan PDAM untuk segera menangani persoalan bencana tanah longsor di desa paisumosoni yang mengakibatkan terputusnya saluran air bersih desa paisumosoni kecamatan tinangkung selatan.Ungkap Gunawan .

Selanjutnya kami mencoba konfirmasi lewat telpon kepada Kalak BPBD,Saprin K.Pitter, tentang kejadian tanah longsor yang terjadi di Desa Paisumosoni Ia menyampaikan bahwah pihak BPBD belum menerima laporan kejadian musibah ini. Ungkap Saprin.

Kalak BPBD Saprin K Pitter setelah menerima laporan dari media kabar Luwuk, tentang adanya kejadian tanah longsor di wilayah kerjanya ( Banggai kepulauan), Saprin langsung memerintahkan Tim Reaksi cepat Bersama PDAM untuk bergerak hari ini, karena laporan masuk pada pukul 21.00 wita,dan mengingat ini malam hari dan menjaga keselamatan dari tim, disamping itu juga masih musim hujan ditakuti masih ada pergerakan tanah , sehingga tim akan di kerahkan pada pagi hari.

Baca Juga  PT IMIP Kembali Tanam Puluhan Ribu Mangrove di Morowali

” Kalak BPBD memerintahkan Team Reaksi Cepat ( TRC) untuk berkordinasi dengan pihak ( PDAM ) untuk segera mengambil langkah penanganan masalah air bersih di Desa Paisumosoni Kecamatan Tinangkung Selatan,agar masyarakat desa tidak kesulitan air bersih. Tutup Saprin lalu.( Arm./KL)

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan
Silahkan nonaktifkan adblock anda untuk membaca konten kami.
Segarkan