banner 728x250

Bandara Tanjung Api Tanpa Penerbangan Reguler, Banggai Bakal Diuntungkan

  • Bagikan

KABAR LUWUK, BANGGAI – Berhentinya operasional Wings Air yang meladeni rute Ampana – Palu di Bandara Tanjung Api, Kabupaten Tojo Una-Una sayangat disayangkan sejumlah pihak. Dengan demikian praktis bandara yang menelan anggaran ratusan miliar ini tanpa penerbangan reguler. Sehingganya masyarakat atau wisatawan yang ingin masuk dan keluar Ampana melalui jalur udara mesti melalui bandara sekitar.

Wilayah Kabupaten Banggai yang merupakan wilayah terdekat dari Kabupaten Tojo Una-Una secara tidak langsung diuntungkan dengan adanya penghentian penerbangan wings itu. Sehingganya bakal banyak masyarakat khususnya wisatawan yang menggunakan bandara Syukuran Aminuddin Amir sebagai jalur transit. Hal ini harusnya menjadi kesempatan pemerintah daerah gencar mempromosikan sejumlah objek parawisata di Banggai sehingga daerah ini tidak hanya menjadi tempat transit tetapi menjadi tujuan destinasi wisata utama.

Baca Juga  Peringati Puncak Hari Anak, Gubernur Kukuhkan Forum Anak Provinsi.

“Ini bisa jadi peluang Kabupaten Banggai memanfaatkan para wisatawan transit untuk lebih mengenal parawisata daerah Banggai, sehingga bandara Syukuran Aminuddin Amir tidak hanya jadi tempat transit tapi kemudian jadi destinasi utama, manfaatkan dengan promosi yang gencar,” kata Hendrico salah satu pemerhati parawisata di Palu.

Terpisah Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro yang dimintai keterangannya membenarkan adanya penghentian sementara penerbangan Wings Air di Bandara Tanjung Api. Salah satu alasannya yakni maskapai Wings Air merugi.

“Penghentian rute ke Ampana sampai pemberitahuan lebih lanjut atau batas waktu yang tidak ditentukan. Wings Air akan menghentikan operasional pada rute tersebut dilakukan terpaksa karena dalam setiap penerbangan yang Wings Air lakukan masih mengalami kerugian serta jumlah penumpang yang belum optimal. Penyebab kerugian paling utama adalah harga bahan bakar yang jauth diatas harga avtur yang dikenakan di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang,” rinci Danang.

Baca Juga  Untika Luwuk Target 500 Dosis Vaksin di Siapkan Dalam Vaksinasi Masal

Terpisah Kepala Bandara kelas III Tanjung Api Ampana, Kabupaten Tojo Una Una Fitra Jaya saat dimintai keterangannya membenarkan jika aktivitas penerbangan rute Ampana – Palu dengan pesawat reguler Wings Air masih dihentikan sementara waktu.

Saat ini para wisatawan yang ingin masuk ke wilayah Kabupaten Tojo Una-Una harus melalui bandara di Banggai, Gorontalo maupun Palu. (IkB)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *