banner 728x250

Banjir di Batui dan Batui Selatan Berangsur Surut

  • Bagikan

KABAR LUWUK, Luwuk – Sejumlah ruas jalan penghubung wilayah Kecamatan Moilong, Batui dan Batui Selatan pada Kamis (18/7) sejak pukul 08.00 wita terendam air setinggi satu meter. Hal itu diakibatkan hujan deras yang terus mengguyur wilayah itu sejak Rabu (17/7) yang berakibat sungai Bakung dan Sungai Kayowa meluap hingga kebadan jalan. Hanya saja berdasarkan keterangan Kapolsek Batui IPTU Candra banjir diwilayah kerjanya itu berangsur surut.

Dijelaskan IPTU Candra, luapan air yang di akibatkan curah hujan terdapat dibeberapa tempat yang ada di Kecamatan Batui dan Batui Selatan yakni ruas jalan menghubungkan Kelurahan Bakung dan Kelurahan Sisipan terjadi luapan air Sungai Bakung dan ketinggian air setinggi paha orang dewasa, namun saat ini air sudah surut. Demikian juga ruas jalan menghubungkan Desa Masing ke Desa Kayowa ( dusun Noge ) terjadi luapan air Sungai Kayowa dengan ketinggian air yang merembes kebadan jalan setinggi lutut orang dewasa juga sudah surut.

Baca Juga  Lagi, IMIP Salurkan Bantuan Alkes Hadapi Pandemi

Demikian juga di ruas jalan kilo 6 Desa Gori-Gori, mengalami luapan air setinggi pinggang orang dewasa dan mengalami macet sekitar 4 jam karena pengguna jalan menunggu air surut dan sekarang sudah surut serta bisa dilalui kendaraan. Ruas jalan menghubungkan Desa Bone Balantak menuju Suka Maju 1 terputus diakibatkan ketinggian air mencapai 2 meter. saat ini jalan Desa Bonebalantak – Suka Maju 1, sepanjang 600 meter  belum dapat dilewati kendaraan, baik roda dua maupun roda empat.

“Alternatif masyarakat untuk menyeberang yakni dengan jalan menggunakan rakit dan dibantu oleh personil Polsek Batui dipimpin langsung oleh saya selaku Kapolsek Batui,” terang IPTU Candra.

Sampai saat ini Kapolsek Batui bersama seluruh anggota melaksanakan patroli kamtibmas dan mnghimbau kepada warga masyarakat yang rumahnya rawan terkena dampak luapan air agar selalu waspada apabila curah hujan semakin tinggi.

Baca Juga  Jenazah Perempuan Warga Saribuana Toili Ditemukan Membusuk di Desa Kagitakan Lamala

“Sampai sekarang belum ada laporan terkait adanya korban jiwa, untuk kerugian materil belum kita data namun pasti akan kita sampaikan kepada rekan-rekan semua,” tambah Kapolsek Batui.

Kendati air telah surut namun jajaran Polsek Batui telah diperintahkan untuk senantiasa melakukan pemantauan. Tidak hanya itu jajaran Polsek Batui diminta untuk membantu warga yang sekiranya membutuhkan pertolongan serta mengawasi situasi Kamtibmas diwilayah tugas masing-masing. (ikb)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *