banner 728x250

Naik Motor Trail, Bupati Banggai Sambangi Beberapa Kecamatan Monev Penanganan Covid 19

  • Bagikan

KABAR LUWUK, BANGGAI – Bupati Banggai H. Amirudin dalam sepekan ini aktif turun ke kecamatan Kecamatan, yang sebelumnya pada pekan lalu Bupati juga melakukan kunjungan ke kecamatan-kecamatan bersama para pesepeda (Goweser).

Kali ini Bupati Banggai di dampingi Dandim 1308 beserta Jajaran Pemerintahan Setda Banggai dan Kepala OPD melakukan Tour menggunakan Motor Trail bersama komunitas Maleo Trail (MATA) serta Komunitas Pecinta motor Trail Luwuk lainnya di 7 Kecamatan, pada hari Sabtu dan Minggu (4-5/8/2021).

Adapun kecamatan-kecamatan yang dikunjungi yaitu Kecamatan Luwuk Timur, Kecamatan Pagimana, Kecamatan Bualemo, Kecamatan Balantak Utara, Kecamatan Balantak, Kecamatan Balantak Selatan, dan terakhir di kecamatan Mantoh. Bupati Banggai juga turun dibeberapa desa di masing-masing Kecamatan yang menjadi rute perjalanan.

Kegiatan ini selain berolahraga, Bupati Banggai dengan tujuan utama yaitu meninjau dan merasakan langsung kondisi rute jalan (Luwuk-Boalemo)-(Boalemo-Balantak) kawasan kepala burung. Selain itu juga Bupati melakukan Kunjungan Kerja bertemu langsung dengan Para Camat beserta seluruh unsur pemerintah kecamatan di masing-masing kantor Camat, dan Kepala desa di masing-masing wilayah kerjanya. Bupati juga memberikan edukasi Prokes langsung kepada masyarakat di setiap titik persinggahan. Selain itu, tujuan utama Bupati Banggai adalah memberikan Sembako kepada masyarakat yang terdampak Covid-19. Bupati juga memberikan bantuan masker kepada Para camat untuk di bagikan kepada masyarakatnya.

Baca Juga  Pamit Panen Kelapa, Petani Asal Moilong Ditemukan Meninggal di Kebun Miliknya

Tour kali ini memilih garis star di Goor Kilongan menuju desa Hunduhon Kecamatan Luwuk Timur, Kemudian Menempuh rute Baya dan Berhenti di Desa Siuna, kemudian menuju Desa Tikupon Tepatnya di Lapangan Desa Tikupon, selanjutnya menuju Desa Toiba di Kawasan Tambak udang, pit stop selanjutnya di Desa Pangkalasean, Desa Teku dan pemberhentian terakhir di Desa Kampangar, pada hari Sabtu (4-9-2021). keesokan harinya diawali dengan kegiatan snorkling bersama Dandim 1308 dan Diver lainnya di pulo dua, tepatnya pukul 12.00  Tour bersama Komunitas Trail dilanjutkan menuju  Desa Tongke, Desa Sobol tepatnya di kantor Camat Mantoh, kemudian berhenti di Desa kayutanyo meninjau galangan kapal dan pitstop terakhir makan malam di Rumah makan Deho (5-9-2021) malam.

Dihari pertama pada Sabtu (04/09), Kunker Bupati Banggai di kantor Desa Hunduhon melakukan penyerahan bantuan sembako serta memberika edukasi tentang 5 M (mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas) dan 3 T (Testing/tes, Tracing/telusur dan Treatment/tindak lanjut), dan juga hal-hal penting lainnya.

“Covid-19 ini sangat mengganggu kita, mengganggu roda pemerintahan, mengganggu aktivitas masyarakat, mengganggu perekonomian kita, kita tidak bisa berkumpul, kita tidak bisa meeting, kita tidak bisa bertemu rakyat, kita tidak bisa berpesta, dan larangan larangan lainnya”.

Baca Juga  Sekretaris Kabupaten Wakili Bupati Banggai, Rakorda TPID Secara Virtual

“Begitu banyak program yang tertuang dalam visi misi kami yang telah dicanangkan, akan tetapi belum maksimal dikarenakan pandemi covid-19 ini, begitu banyak alokasi anggaran Pemerintah Pusat Dalam menangani Pandemi Covid-19, Puluhan Trilyun sampai Ratusan Trilyun, begitu banyak juga anggaran Daerah yang dialokasikan untuk Covid ini mencapai Puluhan Miliar, anggaran itu harusnya untuk pembangunan, akan tetapi di refokusing untuk penanganan Covid-19, demi menyelamatkan masyarakat kita dari pandemi, oleh sebab itu kami turun langsung ke Kecamatan untuk melihat dan menyampaikan kepada bapak ibu camat dan kepala Desa bahwa Covid-19 ini adalah persoalan serius yang harus kita tangani sebagai skala prioritas”.

“Bapak ibu camat, lurah kepala desa harus betul betul mau bekerja sama dalam membantu menurunkan angka Covid 19 di wilayahnya masing masing, saya berharap partisipasi bapak ibu sekalian untuk bersama sama kami untuk selalu melakukan edukasi, melakukan sosialisasi, sehingga masyarakat sadar akan covid 19, ungkap Bupati.

Hal yang sama juga dilakukan oleh Bupati di beberapa desa diantaranya Desa Siuna, Desa Tikupon, desa Toiba, Desa Pangkalasean, Desa Teku, dan di kantor Desa Kuntang Bupati Banggai Melantik/mengukuhkan anggota BPD Desa Kuntang dan Desa Pangkalasean Baru.

Baca Juga  PLN Luwuk, Program Tahun 2021 Fokus Pada Pemeliharaan Mesin

Di desa-desa itu, selain melihat warga yang sedang menjalani isolasi mandiri (isoman) sekaligus Bupati ingin memastikan terurus dengan baik dan identifikasi permasalahan yang ada di kecamatan hingga desa. Sehingga secepat mungkin diatasi sekaligus mengecek langsung jumlah konfirmasi dan jumlah warga.

Bupati juga melakukan peninjauan kebun keluarga di Desa Luok, dan dilanjutkan dengan tatap muka Bupati bersama seluruh unsur pemerintahan Kecamatan Balantak.

Pada Minggu (05/09) Bupati Banggai bersama Wakil Bupati Banggai Beserta Seluruh Jajaran Pemerintahan Setda Banggai dan Kepala OPD serta seluruh Komunitas Trail Luwuk melanjutkan perjalanan menuju Balantak Utara, Balantak  Selatan dan Kecamatan Mantoh.

Bupati berkesempatan menyapa warga di sejumlah desa sepanjang perjalanan. Konsep yang diterapkan Bupati dan Wakil Bupati ini sangat menarik. Pasalnya dengan turun langsung ke kecamatan sampai dengan desa, maka ditemukan data ril ternyata warga yang sembuh dari Covid-19 itu lebih banyak sehingga kecamatan-kecamatan yang dikunjungi ini  telah berada di Zona Hijau.

Setelahnya Bupati melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Balantak Selatan dan Kecamatan Mantoh untuk memonitoring langsung perkembangan di masing-masing kecamatan serta melakukan tatap muka langsung dengan para camat dan seluruh unsur pemerintahan kecamatan.***

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *