banner 728x250

Pemda Banggai Mediasi PT. Sawindo Dengan Petani Plasma Batui

  • Bagikan

“Bupati Banggai Minta PT. Sawindo Segera Laksanakan RAT Koperasi”

Penulis : Imam Muslik ( Jurnalis )

KABAR LUWUK, BANGGAI – Pemerintah Kabupaten Banggai, Ir.H. Amiruddin Tamoreka, memimpin rapat pertemuan antara PT. Sawindo Cemerlang bersama masyarakat petani Plasma, bertempat di ruang rapat khusus kantor Bupati Banggai,Rabu 15/9/2021.

Hadir dalam pertemuan yang di vasilitasi Pemda Banggai, Assisten 2, para OPD terkait, Camat Batui, Kapolsek Batui, Kabag OPS Polres Banggai, Kasatreskrim polres Bnaggai, Kades dan perwakilan petani plasma Kecamatan Batui.

Widia salah satu perwakilan petani plasma Batui saat memberikan penjelasan di hadapan Bupati Banggai . Foto Imam muslik

Warga perwakilan yang diberi kesempatan pertama untuk menceritakan keluh kesahnya sebagai petani plasma yang merasa dirugikan yakni Widia mengatakan sejak tahun 2010, Sawindo telah berjanji dan memberikan harapan besar bagi masyarakat petani plasma untuk hidup lebih baik dan sejahtera dengan hadirnya investor besar, tetapi justru semua hanya impian belaka. Ungkap Widia.

Baca Juga  Heboh, ODGJ Perempuan Ditemukan Meninggal di Tepi Sungai Minahaki

Lanjut karena sejak tahun 2010, kami tidak mendapat keadilan, keadilan yang kami maksud adalah pembagian hak atas tanah, sehingga kata plasma justru jauh dari bahagia apalagi sejahtera. Karena sejak tahun 2010 hingga tahun sekarang tidak pernah menerima speserpun dari Sawindo, dan lahan kami digusur secara paksa.

Olehnya itu Sawindo juga telah mendirikan koperasi dengan nama koperasi Mayor Sejahtera, tetapi justru koperasi yang dibentuk tak berjalan dengan sempurna alias kamuplase atau abal abal, karena tidak ada neraca perhitungan, kantornya tidak ada, pengurusnya pun tidak ada inilah yang akhirnya menjadi penyebab para petani plasma batui merasa dirugikan. Terang Widia.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *