banner 728x250

Peran PELNI “Konektivitas Angkutan Laut Indonesia”

  • Bagikan

PELNI Sebagai Perusahaan Strategis Di Bidang Transportasi Laut

Tulisan oleh : Arman Londomi (Jurnalis kabarluwuk.com)

KABAR LUWUK, BANGKEP – PT Pelayaran Nasional Indonesia (PELNI) sebagai Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak pada bidang transportasi laut berperan sangat penting dalam pelayanan tol laut di Indonesia.

Salah satu pelayanan utama yang menjadi kebutuhan bagi seluruh masyarakat dalam perjalanan dengan menggunakan fasilitas yang telah di siapkan oleh PT PELNI. Operasional Kapal untuk Angkut Penumpang dan barang PT PELNI berada di seluruh wilayah pelabuhan yang tersebar di  seluruh kabupaten dan kota di Indonesia . PT PELNI adalah salah satu fasilitas utama dalam pelayanan tol laut siap melayani kebutuhan masyarakat dalam perjalanan yang menggunakan kegiatan operasional untuk mengangkut penumpang dengan beberapa persyaratan sesuai aturan yang sudah di tetapkan oleh PT PELNI.

PELNI termasuk salah satu BUMN penopang pertumbuhan ekonomi dalam peningkatan pendapatan di setiap daerah di seluruh nusantara. PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) – PELNI  Perusahaan yang selama ini dikenal dengan angkutan laut nasional melayani penumpang antar kabupaten kota  ini bahkan sampai di seluruh Nusantara. Banyak hal yang menjadi penopang pertumbuhan ekonomi  yang dapat  menstabilkan perputaran ekonomi di setiap daerah di seluruh Indonesia.

Baca Juga  Bupati Bangkep  Buka Panen Perdana Padi di Tinangkung Selatan

Dengan adanya PELNI,  ini sangat membantu dan mempermudah setiap penyeberangan yang menjadi kebutuhan di seluruh Nusantara, terutama mempermudah apa yang menjadi kebutuhan masyarakat di setiap penyebarangan antar kabupaten kota di seluruh Indonesia.

Pelayaran PT PELNI dalam melayani  penyeberangan tol laut antar kabupaten kota, sudah tentu menjadi salah satu dasar kebutuhan pendapatan yang tidak hanya di rasakan oleh PT PELNI itu sendiri, tetapi berdampak pula pada peningkatan pendapatan di setiap daerah termasuk pendapatan ekonomi masyarakat pada umumnya, secara tidak langsung masyarakat dapat merasakan dampak positif dari apa yang menjadi dasar kebutuhan masyarakat sehingga masyarakat dapat menjual hasil buminya di sejumlah kabupaten kota di Indonesia

PELNI, selama ini senantiasa berupaya melayani  dan bertransformasi dari angkutan penumpang sebagai angkutan penugasan dan angkutan barang sebagai angkutan non Public Service Obligation (PSO ). Sehingga dapat melayani sesuai kebutuhan masyarakat sebagai pengguna fasilitas yang di siapkan oleh PT.PELNI. Olehnya itu PELNI difokuskan untuk melayani angkutan penumpang  antar pulau untuk “Menghubungkan Nusantara Menyatukan Indonesia” melalui angkutan penumpang yang merupakan angkutan penugasan, pelayanan publik .

Baca Juga  Mesin Daur Ulang Rumahan

Sejalan dengan itu, produktivitas pelabuhan juga mempengaruhi efisiensi biaya logistik. Karenanya peningkatan kapasitas kapal maupun armada moda transportasi lain untuk meningkatkan skala ekonomi. Selain itu, harus dilakukan perbaikan sistem konsolidasi muatan antar wilayah dengan menggunakan sistem informasi yang andal.

Sementara, mengenai upaya peningkatan muatan balik Tol Laut harus didukung beberapa pihak terkait secara sinergis. Pemerintah daerah setempat misalnya, perlu memanfaatkan Tol Laut untuk mengangkut produk dan komoditas potensialnya.

Selain bermanfaat untuk mengisi muatan balik Tol Laut, hal itu berpotensi meningkatkan daya saing produk dan komoditas yang pada akhirnya akan meningkatkan pendapatan dan perekonomian wilayah di Daerah kabupaten kota terkhusus di negara kita Indonesia.

Baca Juga  Dikawal Ketat, 10 Tahanan Polsek Biromaru Jalani Vaksinasi Covid-19

Potensi muatan dari wilayah itu antara lain berbagai komoditas perikanan, pertanian, dan perkebunan. Untuk komoditas perikanan laut, potensinya sekitar 12 juta ton per tahun pada 11 Wilayah Pengelolaan Perikanan (WPP) yang tersebar di seluruh Indonesia, termasuk yang dilewati jalur Tol Laut.

Konsumsi ikan terbanyak di pulau jawa, baik untuk masyarakat maupun industri. Dengan demikian, komoditas perikanan sangat berpotensi menjadi muatan balik Tol Laut.

Pada dasarnya PELNI dapat membatu dan mempermudah pelayanan kepada masyarakat, momen penting transformasi bisnis dari angkutan penumpang ke angkutan barang, sehingga apa yang di harapkan oleh negara ini dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi terlaksana dengan baik, agar keseimbangan pertumbuhan dan perputaran ekonomi di negara kita dapat terlaksana dengan baik.

PELNI adalah salah satu pelayanan kebutuhan dasar, pelayanan pendukung layanan dasar, dan pelayanan fungsi ekonomi penting yang menjadi harapan kita bersama. ***

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *