banner 728x250

PDSI Sukses Kembangkan Offshore Rig Yang Lebih Efisien dan Ramah Lingkungan

  • Bagikan

KABAR LUWUK, JAKARTA – PT Pertamina Drilling Services Indonesia (PDSI), yang termasuk ke dalam Subholding Upstream Pertamina, sukses merancang bangun dua offshore workover rig dengan tiga jenis teknologi dan kemampuan canggih yang belum ada di workover rig lain.

PDSI menyakini rig hasil rancang bangun perwiranya ini merupakan workover rig pertama di Indonesia, mungkin juga di dunia, dengan tiga kemampuan sekaligus.

Maintenance Support Ast. Manager PDSI Herlein Widiawan menjelaskan, “Kami membangun offshore workover rig ini dengan tiga kemampuan. Pertama, rig berteknologi cyber base atau electrician. Kedua, bisa skidding dari sumbu X ke Y, atau dari kanan ke kiri, atau maju dan mundur. Ketiga, rig ini bisa rotate atau berputar di atas platform.”

Baca Juga  Pesawat Rimbun Air Jatuh di Belantara Sugapa Papua, Tiga Orang Meninggal Dunia

Dengan kemampuannya tersebut, selain bisa membuat kegiatan workover menjadi lebih efektif dan efisien, salah satunya karena proses rig up-rig down bisa lebih cepat, potensi bahaya dan risiko kecelakaan selama proses rig up-rig down dari platform ke barge juga bisa diminimalisir.

Keunggulan lain, ditambahkan Herlein, dari sisi lingkungan, rig PDSI lebih eco-green atau ramah lingkungan. “Karena berteknologi elektrik yang sistem penggeraknya berupa electro motor, ketika dioperasikan rig ini tidak menggunakan oil and fuel, sehingga memungkinkan zero spill ke lautan. Kemudian rig ini juga less polution (tidak menghasilkan gas buang) sehingga bisa mengurangi emisi karbon,” urainya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *