< IMIP

DPRD Provinsi Sulteng Pilih Wagub Menggantikan Sudarto

KABAR LUWUK, Luwuk – Posisi Wakil Gubernur Sulawesi Tengah sebentar lagi akan segera terisi, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Tengah pada sidang paripurna Senin (27/5) telah menetapkan dua nama calon wakil gubernur untuk sisa jabatan periode 2016-2021. Dua nama yang ditetapkan itu yakni Sekretaris DPW PAN Sulteng Rusli Dg Palabbi dan Ketua DPW PBB Sulteng Andi Mansur Pasande.

Bahkan rencananya Kamis (27/6), kedua tokoh tersebut akan dipilih salah satunya oleh 45 anggota DPRD Sulteng untuk mengisi kekosongan jabatan Wagub Sulteng yang ditinggalkan oleh Almarhum Sudarto. Pada proses pengundian nomor urut calon pengganti wakil gubernur itu Rusli Dg Palabbi ditetapkan sebagai calon nomor urut satu sedangkan Andi Mansur Pasande ditetapkan sebagai nomor urut dua.

Kedua nama ini lolos sebagai Cawagub Sulteng karena empat partai politik koalisi pengusung pasangan Longki Djanggola – Sudarto (Longki’S) yakni Gerindra, PKB, PAN dan PBB telah bersepakat mengusung dua nama Cawagub Sulteng untuk diusulkan di DPRD.

Berdasarkan informasi yang dihimpun media ini menyebutkan, nama Rusli Dg Palabbi bisa dipastikan bakal terpilih menggantikan Almarhum Sudarto di kursi wakil gubernur mendampingi Longki disisa akhir jabatannya. Sebagai gambaran, Rusli Palabbi saat ini meraih dukungan 70 persen suara atau di atas 30 suara dari 43 anggota DPRD Sulteng yang bakal menggunakan hak suaranya pada pemilihan nanti. Sementara rivalnya Andi Mansur Pasande diperkirakan hanya meraih sekira 11 suara atau sekira 30 persen suara di DPRD Provinsi Sulteng. Sebagai salah satu kandidat cawagub Rusli Dg Palabbi diharuskan mengundurkan diri terlebih dahulu karena statusnya saat ini adalah anggota DPRD Sulteng.

Muh Ismail Junus, SE salah seorang anggota DPRD Provinsi Sulteng yang dimintai keterangannya mengatakan, kedua kandidat memiliki peluang yang sama. Bahkan menurutnya baik Rusli Palabbi dan Andi Mansur Pasande punya peluang besar. Hanya saja Ismail Yunus legislator Hanura ini tidak mau memberikan komentar terkait kepada siapa partai mereka akan menentukan sikap.

“Hehehe belumlah pak,kami masih mempelajari kedua sosok kandidat, namun pastinya kedua kandidat memiliki peluang yang sama,” ujar Ismail Junus melalui pesan WhatsApp.

Siapa Wakil Gubernur Sulteng yang akan mendampingi Longki Djanggola hingga Maret 2021 nanti akan ditentukan pada Kamis (27/6) hari ini. Siapapun nantinya yang terpilih merupakan sosok yang terbaik menggantikan posisi almarhum Sudarto. (ikb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *