< IMIP

DPW dan DPD NasDem Sulteng Buka Pendaftaran Pilkada  2020

KABAR LUWUK, PALU – Partai NasDem secara serentak di seluruh Indonesia membuka pendaftaran bakal calon kepala daerah pada Pilkada 2020 mendatang.  Pendaftaran dibuka mulai hari ini, Senin (23/9) yang dibuka mulai pukul 10.00 Wib hingga Rabu (23/10) mendatang.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Sulawesi Tengah Atha Mahmud didampingi Ketua Bapilu NasDem Chandra Ilyas kepada sejumlah awak media mengatakan, Partai NasDem secara serentak pada hari ini membuka pendaftaran Pilkada 2020. Di Sulawesi Tengah, NasDem tidak membuka pendaftaran untuk Pilgub dan Pilbup di Kabupaten Tojo Unauna. Nasdem hanya akan membuka pendaftaran untuk pilkada Kota Palu, Kabupaten Sigi, Tolitoli, Poso, Morowali Utara, Banggai dan Banggai Laut.

“Khusus Pilgub sulteng dan Pilbup Touna NasDem  tidak membuka pendaftaran karena sudah ada kader partai yang diusung untuk maju dalam Pilkada, jadi kita hanya membuka untuk enam wilayah. Silahkan daftarkan diri dengan mendatangi kantor DPW maupun DPD setempat,” kata Atha Mahmud.

Pembukaan pendaftaran itu bertema NasDem memanggil, Politik Tanpa mahar dimaksudkan agar setiap orang bisa mendaftarkan diri tanpa memikirkan adanya mahar politik khususnya di partai NasDem. Hanya saja kata Atha Mahmud, para calon akan disurvei oleh lembaga survei yang telah di tunjuk dan di nilai Nasdem memiliki kompetensi.

“Ada delapan lembaga survei yang telah ditunjuk oleh Nasdem, nantinya hasil survei akan disampaikan ke NasDem untuk kemudian dijadikan pertimbangan pengusulan calon,” tambahnya.

Candra Ilyas menambahkan, jadwal proses penentuan calon yang akan di usung Partai NasDem meliputi Pengumuman ke publik yang dilangsungkan dengan pembukaan pendaftaran dengan rentang waktu 23 September hingga 23 Oktober 2019. Selanjutnya para calon akan memaparkan visi dan misi serta strategis kebijakan secara terbuka yang waktunya dimulai pada 24 Oktober sampai 31 Oktober 2019.

DPD maupun DPW pada 1 November hingga 5 November 2019 akan melaksanakan pleno penentuan bakal calon perhelatan Pilkada yang bakal di usung ke DPP NasDem. Pertanggal 6 November hingga 8 November berkas usulan akan diserahkan ke DPP. Sekira bulan November – Desember 2019 tim Pilkada pusat akan mengundang DPW dan DPD serta bakal calon untuk diwawancarai.

Fery Anwar selaku sekretaris Bapilu NasDem menambahkan, sengaja NasDem membuat Poltik tambah mahar agar semua orang memiliki kesempatan sama untuk mendaftarkan diri sebagai bakal calon baik bupati, walikota di Sulteng. Pastinya kata Fery para bakal calon akan melalui dua tahapan seleksi karena pasca diusulkan para bakal calon yang direkomendasi akan kembali dinilai atau disurvei hingga tahap final nanti.

Seluruh DPD di wilayah Sulteng akan membukan pendaftaran calon, serta sudah siap untuk menerima pendaftaran dimaksud. (IkB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *