banner 728x250

Bupati Banggai, Tingkatkan SDM Bisa Hasilkan Ternak Yang Baik

  • Bagikan

, – Bupati , Ir. H. Amirudin, meninjau Pusat Perbibitan Ternak Tandos Desa Bumi Beringin Kecamatan Utara, Senin,23/08/21.

Turut hadir pada kesempatan itu, Kadis Peternakan Ferlin Monggesang beserta jajarannya, Kabag Prokopim Ferry R. Ledder Bersama staf, serta Camat Utara Rifodi Penak beserta Jajarannya.

Pusat perbibitan ternak tandos adalah lokasi strategis dalam rangka membangun swasembada bibit ternak di Kabupaten serta merupakan salah satu bentuk dukungan Dinas Peternakan dalam implementasi Visi Misi Pemerintah dalam rangka kemandirian ternak sekaligus pusat budidaya ternak sebagai penyuplai Kebutuhan Bibit Ternak Kabupaten .

Tujuan dari pusat perbibitan ternak ini diantaranya:

  • menyediakan bibit ternak secara kontinyu untuk memenuhi Kebutuhan Bibit ternak Kabupaten Banggai.
  • meningkatkan kemampuan daerah dan mengurangi ketergantungan ternak dan Bibit ternak dari luar Kab. Banggai.
  • pengembangan agrowisata ternak sebagai salah satu tujuan wisata di Kab. Banggai.
  • sebagai pusat kajian tekhnologi peternakan, tempat pelatihan, magang, tempat penelitian dan sekolah magang bagi peternak dan kelompok ternak, dalam upaya meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dibidang pembibitan ternak dan budidaya, serta sebagai salah satu sumber PAD Kabupaten Banggai.

Adapun Luas Pusat perbibitan ternak tandos tersebut kurang lebih 85 Ha, yang merupakan hibah dari masyarakat Desa Bumi Beringin Kepada Pemerintah Daerah Kab. Banggai sejak tahun 2009,
Sementara Sapi Jenis PO (Peranakan Ongol) yang ada di pusat perbibitan ternak tandos sebanyak kurang lebih 40 Ekor dengan segala keterbatasan sarana prasarana yang ada.

Oleh sebab itu Bupati Banggai disela kunjungannya mengatakan bahwa kapasitas bibit ternak di pusat Perbibitan Ternak Tandos perlu di tingkatkan dalam rangka pengembangan, kemudian sarana dan prasarana penunjang pengembangan ternak, peningkatan kesuburan tanah untuk penanaman Hijauan Pakan (HPT),
Apabila ini dpat berkembang dengan baik kedepan kita bisa menjadi penyuplai bibit ternak minimal kabupaten tetangga, bisa menjadi pusat agrowisata, bnyak keuntungan yg kita dapatkan, Ucap Bupati.

” Lanjut Bupati juga mengatakan
Selaku Pemerintah apalgi terkait Visi dan Misi, kami sangat mendukung upaya pengembangan Budidaya perbibitan ternak tandos ini, kami sangat mengharapkan Swasembada ternak dicapai oleh Kabupaten Banggai, Banggai juga bisa seperti Daerah NTT yang merupakan Provinsi Penghasil Sapi terbesar di Indonesia, dengan Populasi 1 juta ekor sapi, kedepan kita berupaya mengembangkan ini, kita punya lahan yang subur dan luas akan tetapi belum di manfaatkan dengan baik, kami yakin itu bisa tercapai apabila di dukung dengan sumberdaya manusia dan pola management yang baik, Tutup Bupati.**

Baca Juga

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan