banner 728x250

Gerak Bersama Pemerintah, GAM Luwuk Perangi Covid Melalui “Jumpa Kasih”

  • Bagikan

Catatan : Irwan K Basir (Jurnalis)

, – Mentari baru saja menampakan wajahnya namun sejumlah anak muda telah berjibaku membersihkan sampah yang berserakan di pesisir dan perairan Teluk Lalong. Pada hari Jumat 20 Agustus 2021 itu, Lahmudin Masa atau biasa disapa Idhin memimpin anggotanya yang tergabung dalam Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gabungan Aktivis Mantailobo (GAM) melaksanakan kegiatan yang diberi nama Jumpa Kasih dengan tetap mempedomani protokol dan melaksanakan protokol kesehatan.

Jumpa Kasih kata Idhin merupakan singkatan dari Jumat Pagi Kota Bersih, ini merupakan kegiatan lanjutan sebelum-sebelumnya sejak berdiri atau terbentuk pada tahun 2014. GAM katanya  adalah singkatan dari Gabungan Aktivis Manthailobo, sebuah LSM yang selama ini giat melaksanakan aksi sosial terhadap kebersihan lingkungan di Kabupaten Banggai, khususnya wilayah Luwuk. GAM bermarkas di Teluk Lalong dan menjaga kebersihan teluk itu dari sampah/ limbah plastik hasil rumah tangga yang hanyut.

“Kami memiliki program rutin yakni Jumpa Kasih (Jumat Pagi Kota Bersih). Program itu dijalankan bersama , Kodim 1308 LB, serta unsur pemerintah setempat. Selain bersih-bersih, kami juga kerap melakukan penghijauan dengan penanaman pohon pelindung,” jelas Idhin.

Pada masa pandemi covid-19 seperti ini kegiatan yang dilaksanakan GAM katanya tetap mempedomani protokol kesehatan. Bahkan ujar Idhin melalui bersih-bersih lingkungan diharapkan masyarakat terjaga kesehatannya sehingga tidak mudah terserang penyakit terutama covid-19. Menurutnya melalui kegiatan Jumpa Kasih ada banyak manfaat yang didapatkan, selain kesehatan ada hal lainnya yakni Teluk Lalong yang menjadi ikonik masyarakat Banggai pastinya terlihat bersih.

Tidak hanya kegiatan bersih-bersih, GAM kata Idhin secara berkala melaksanakan peghijauan berupa penanaman pohon di seluruh kecamatan dan beberapa desa yang ada di daerah ini. Pohon yang ditamann katanya berupa pohon pelindung dan pohon peneduh yang diperoleh dari simpatisan dan terkadang membeli menggunakan uang pribadi hasil urunan para anggotanya.

“Kita berbuat saja biar nanti masyarakat yang menilai, intinya padamu negeri kami mengabdi, karena itu slogan kami,” katanya sembari tersenyum.

Khusus dalam memerangi penyebaran covid-19 ini, GAM katanya terlibat dalam pembagian masker, penyaluran cairan pembersih serta melaksanakan penyemprotan disinfektan bersama unsur pemerintah setempat.

Akli Suong, Sekretaris LSM GAM menambahkan seluruh kegiatan yang mereka laksanakan merupakan swadaya pada anggotanya maupun dari para simpatisan. Sehingganya kata Akli mereka fokus pada kegiatan berorientasi lingkungan. Bahkan katanya dengan konsistensi dan konstribusi mereka terhadap lingkungan itu sejumlah penghargaan diperoleh. Terakhir mereka dipercayakan salah satu perusahaan nasional yang ada di wilayah itu melakukan penanaman pohon mangrove yang tersebar di tiga kecamatan yakni Kecamatan Toili, Kecamatan Moilong dan Kecamatan Toili Barat.

“Konsistensi kami dalam bidang lingkungan ini mendorong kesadaran masyarakat agar mencintai lingkungan sekitar mereka. Hasilnya pemerintah daerah Kabupaten Banggai memperoleh Piala Adipura dua tahun berturut serta sejumlah penghargaan lainnya. Perilaku hidup bersih dan sehat itu tergambar dari lingkungan yang bersih, apalagi di tengah pandemi seperti ini kami berharap masyarakat tidak sampai sakit karena dengan sehat pastinya segala aktivitas bisa berjalan dengan baik,” tuturnya.

GAM kata Akli juga mendukung dan mendorong masyarakat untuk terlibat dan ikut dalam pelaksanaan vaksinasi dengan memberikan contoh dan menyosialisasikan kepada warga bahwa vaksinasi itu baik guna memutus mata rantai penyebaran covid-19 sekaligus membangun Herd immunity ketika sebagian besar populasi kebal terhadap penyakit menular tertentu sehingga memberikan perlindungan tidak langsung atau kekebalan kelompok bagi mereka yang tidak kebal terhadap penyakit menular tersebut.

“Pada setiap kesempatan kita sampaikan bahwa di Vaksin itu aman dan pastinya dapat membentuk Herd Immunity. Ini salah satu bagian kami mendukung pemerintah memutus mata rantai penyebaran pandemi covid-19  khususnya di Kabupaten Banggai,” tambah Akli.

Ambang salah seorang anggota GAM yang dimintai keteranganya mengatakan, dirinya bergabung dan terlibat dalam organisasi ini melalui kesadaran diri sendiri, menurutnya apa yang dilakukan selama ini oleh GAM sangat bermanfaat terutama bagi masyarakat yang ada di Kabupaten Banggai. Bahkan katanya apa yang dilaksanakan oleh GAM ini kemudian diadopsi oleh daerah sekitar semisal Tojo Una-Una dan Banggai bersaudara.

“Saya bangga telah bergabung dan ada dalam organisasi ini, sedaya upaya kami lakukan agar lingkungan di daerah ini senantiasa terjaga kebersihannya terutama yang ada di kawasan Teluk Lalong,” ucap Ambang.

Bupati Banggai Amirudin Tamoreka menyebutkan, selaku kepala pemerintahan dirinya memberikan apresiasi kepada LSM GAM yang selama ini terus berbuat khususnya dalam membantu tugas pemerintah dalam bidang lingkungan. Pemerintah Kabupaten Banggai sangat mendukung dan membutuhkan organisasi seperti ini sehingganya perlu mendapat perhatian lebih.

Hal senada diungkap AKBP Satria Adrie Vibrianto yang mengatakan dukungan mereka terhadap kegiatan LSM GAM berupa pelibatan anggotanya dalam setiap kegiatan Jumpa Kasih. Hal itu katanya sejalan dengan tujuan pemerintah khususnya Polri menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi dalam menciptakan lingkungan bersih dan sehat.

“Selaku Kapolres Banggai kami memberi apresiasi terhadap kegiatan-kegiatan GAM, beberapa kali kami terlibat dalam kegiatan mereka demikian pula saat kami menggelar kegiatan mereka dengan semangat mellibatkan diri. Ini salah satu bentuk sinergitas dan patut menjadi contoh di Kabupaten Banggai,” kata perwira dua melati ini.

Serupa Dandim 1308/LB Letkol Inf Fanny Patouw menyebutkan dalam setiap kegiatan LSM GAM pihaknya senantiasa memberikan suport berupa pengerahan pasukan baik di wilayah perkotaan hingga ke wilayah Koramil.  Menurutnya apapun bentuk kegiatan GAM yang positif selalu mendapat dukungan dari Kodim.

Demikian pula ujar Letda Laut (S) Tatang Suprapto selaku Komandan Pos Angkatan Laut (Danpos AL)  Luwuk kata selama ini terus mendukung dan mensuport kegiatan LSM GAM. Tidak hanya dukungan personil namun Pos AL Luwuk memberikan dukungan armada mereka berupa speedboat dalam kegiatan bersih-bersih lingkungan terutama di kawasan Teluk Lalong.

Sejumlah masyarakat Kabupaten Banggai yang dimintai tanggapanya tentang LSM GAM menyebutkan, apa yang dilakukan GAM selama ini merupakan aksi nyata tanpa kata-kata apalagi retorika. Hasilnya Teluk Lalong terlihat bersih dan sejumlah desa semakin asri. (***)

Baca Juga

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *