banner 728x250

Gubenur Sulteng Jadi Inspektur Upacara HUT Kota Palu Ke 43

  • Bagikan

“Gubernur Terima Penghargaan Bangga Kencana”

, PALU – Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura didampingi Ketua TP PKK Provinsi Sulawesi Tengah DR. Hj. Vera Rompas, S.Sos, M.Si menerima penghargaan sebagai Ayah dan Bunda Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) serta Generasi Berencana (Genre) Sulawesi Tengah dari Kepala BKKBN Pusat Dr. (HC) dr. Hasto Wardoyo, Sp.Og (K), bertepatan dengan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-43, bertempat di Halaman Depan Kantor Walikota Jalan Balai Kota, Senin 27 September 2021.

Selain Gubernur dan Ketua TP PKK Sulteng, Walikota Palu, Ketua Tim Penggerak PKK , Bupati Morowali Utara dan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Morowali Utara juga mendapatkan penghargaan serupa, dilanjutkan penyerahan apresiasi dan penghargaan kepada pimpinan institusi mitra kerja BKKBN Dharma Karya Kencana yang dinilai secara konsisten memberikan komitmen dukungan tenaga dan sarana prasarana dalam keberhasilan program Bangga Kencana di Sulawesi Tengah.

Gubernur H. Rusdy Mastura pada kesempatan itu bertindak selaku inspektur pada peringatan HUT yang ke-43 mengangkat tema ‘Palu bergerak bersama – Palu mantap bergerak’ dihadiri Walikota Palu, H. Hadianto Rasyid SE, Wakil Walikota dr. Reny A. Lamadjido SP, PK, M.Kes, Ketua, Wakil Ketua dan anggota DPRD , Pejabat Kementerian, Lembaga Negara, Kepala BKKBN, Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, Direktur SD Kementerian Pendidikan Kebudayaan dan Riset Teknologi, Pimpinan BPJS serta pejabat terkait lainnya.

Dalam sambutannya, gubernur menitik beratkan pada upaya pencegahan serta penanggulangan Covid=19 serta beberapa program lain guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Sulawesi Tengah.

“Sehubungan pandemi covid-19 belum berakhir, maka saya mengimbau sampesuvu saraku jangan cepat berpuas diri dan lengah dengan penurunan kasus covid-19 dan PPKM di kota Palu. Yang belum divaksin, tolong segera divaksin karena sangat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, kalaupun tertular Insya Allah tidak akan separah dengan orang yang tidak pernah divaksin. Kepada Bupati dan Walikota Palu dan seluruh jajarannya, saya ucapkan terima kasih atas berhasilnya kita menurunkan jumlah kasus pandemic covid-19,” sebut Gubernur.

Menurut Gubernur, HUT ke-43 adalah momentum yang tepat untuk mengevaluasi strategi dan upaya yang telah dikerahkan untuk menjadikan Palu Kota Tangguh, Kota Kolaborasi, Kota Harmoni dan kota yang melayani semua warganya dengan tanpa membeda-bedakan. “Saya sampaikan apresiasi dan selamat kepada pemerintah kota Palu dan DPRD kota Palu yang selesai menyusun RPJMD sesuai jadwal,”

Gubernur menegaskan, guna mempercepat pemulihan dampak bencana 28 September 2018, Pemerintah Provinsi Sulteng telah mengalokasikan anggaran sebesar 37 miliar kepada pemerintah Kota Palu untuk membebaskan lahan yang akan digunakan untuk pembangunan jembatan empat palu dan hunian tetap.

Dalam rangka menghidupkan kembali ekonomi rakyat yang terdampak covid-19, pemerintah provinsi telah menjalin MoU dengan BRI terkait penyaluran dana KUR sebesar 5 triliun dan penyaluran dana PEN senilai 200 miliar melalui Bank Sulteng “Saya harap ‘sampesuvu saraku’ pelaku usaha kecil dapat memanfaatkan kesempatan meminjam dana tersebut untuk mengembangkan usahanya, demikian pula kepada OPD terkait untuk menjadi mitra pemberdayaan.

“Akhirnya saya berpesan luruskan niat, ubah pola pikir, harus berani dan jangan menunda pekerjaan. “Think Big, Start Small, Move Fast. Berpikir yang besar, mulai dari yang kecil dan bergerak cepat,” ujar gubernur.

Baca Juga

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan