banner 728x250

Gubernur Sebagai Pembina Upacara HUT Kabupaten Morowali Utara

  • Bagikan

, PALU – Mengusung tema optimalisasi potensi bahari untuk kesejahteraan masyarakat, dalam rangka peringatan hari Jadi Ke 8 Morowali Utara digelar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan berlangsung khidmat, bertempat di Hal.Kantor Bupati Morut, pada Sabtu 23/10/2021.

“Selamat Ulang Tahun Morowali Utara,”ucap Gubernur Sulawesi Tengah, H.Rusdy Mastura,sebagai Pembina .

Gubernur berharap masyarakat Morowali Utara semakin sehat, cerdas dan sejahtera serta Pemerintahannya semakin baik ke depan.

Ia pun mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kinerja Bupati Morowali Utara yang telah berhasil meraih Piagam WTP 2020.

“WTP bukti tercapainya kinerja pengelolaan keuangan pemerintahan daerah yang baik di Morowali Utara,”puji gubernur.

Menurutnya, Sulawesi Tengah adalah daerah yang seksi dan banyak dilirik oleh investor, sehingga potensi yang dimiliki harus dimaksimalkan untuk mengentaskan kemiskinan.

“Kita tidak boleh diam dan hanya sekedar menjadi penonton pasif di rumah sendiri, tapi harus aktif, dan bergeliat menjadi tuan rumah yang cakap dalam swakelola potensi kekayaan alam daerah,”bebernya.

Ia menyampaikan telah menjalin MoU bersama Gubernur Kalimantan Timur untuk memasok kebutuhan logistik pembangunan calon ibukota negara baru di Kalimantan Timur.

Selanjutnya, dalam rangka mengakselerasi dan memulihkan ekonomi, gubernur juga telah menjalin MoU dengan BRI terkait penyaluran dana KUR senilai 5 triliun rupiah dan penyaluran dana pen senilai 200 miliar rupiah melalui Bank Sulteng. Oleh karenanya, Ia mendorong agar para pelaku UKM, dapat memanfaatkan kesempatan meminjam dana tersebut untuk mengembangkan usahanya.

Ia minta Bupati Morowali Utara untuk terus memberdayakan dan meningkatkan potensi masyarakat lokal secara link and match, agar terkoneksi dengan kebutuhan industri dan pengembangan Kabupaten Morowali Utara.

Ia juga menyampaikan bahwa Kementerian Desa telah menyetujui inisiasi 1000 smart village dan dalam waktu dekat Ia akan melounching program smart di Sulteng.

Gubernur juga meminta agar Bupati Morowali Utara mempersiapkan atlet untuk menuju PON 2024.

Terakhir, gubernur berharap Pemerintah Kabupaten Morowali Utara berkolaborasi dengan Pemprov.Sulteng mewujudkan Sulteng yang lebih sejahtera dan lebih maju.

Selesai , acara dilanjutkan dengan Pengukuhan Komisi Penanggulangan AIDS Kab.Morut,Pengukuhan Ayah Gendre dan Bunda Gendre, Penandatanganan Naskah Hibah dan berita acara serah terima, serta penyerahan-penyerahan, diantaranya Penyerahan Piagam Penghargaan untuk masyarakat yang berkontribusi bagi pembangunan dan bantuan alat kesehatan.

Nampak hadir Unsur Forkopimda, Anggota DPRD, Para Bupati/Walikota Se Sulteng, Kepala OPD Prov.Sulteng, Kepala OPD Kab.Morut, Tokoh Pemuda, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat.**

Baca Juga

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan