banner 728x250

Gubernur Sulteng Rakor Virtual Bersama Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi R I

  • Bagikan

“Terkait Perpres No 20 Tahun 2021 tentang Penyelamatan Danau Prioritas Nasional”

, PALU – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memimpin Rapat Koordinasi Penyelamatan Danau Prioritas Nasional secara (Rabu 22/09) Pukul 15.00 WIta, rapat ini digelar dalam rangka tindak lanjut Perpres No 20 Tahun 2021 tentang Penyelamatan Danau Prioritas Nasional.

dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, Perpres menyebutkan bahwa penyelamatan danau prioritas nasional merupakan upaya untuk mengendalikan kerusakan, menjaga, memulihkan, dan mengembalikan kondisi dan fungsi badan air danau, daerah tangkapan air, dan sempadan danau, sehingga dapat bermanfaat untuk masyarakat.Ujar Menko.

Dalam Perpres tersebut Presiden Jokowi menetapkan 15 danau prioritas nasional yang ditetapkan berdasarkan sejumlah kriteria. Di antaranya yakni, danau tersebut mengalami tekanan dan degradasi kerusakan di daerah tangkapan air danau, kerusakan sempadan, hingga kerusakan badan air danau. Pula memiliki nilai strategis ekonomi, ekologi, sosial budaya, dan ilmu pengetahuan.

Danau-danau prioritas itu tersebar di seluruh Indonesia, di antaranya; Danau Toba di Sumatera Utara; Danau Maninjau dan Danau Singkarak di Sumatera Barat; Danau Kerinci di Jambi; Danau Rawa Danau di Banten.

Kemudian, Danau Rawa Pening di Jawa Tengah; Danau Batur di Bali; Danau Tondano di Sulawesi Utara; Danau Kaskade Mahakam di Kalimantan Timur; Danau Sentarum di Kalimantan Barat; Danau Limboto di Gorontalo; Danau Poso di Sulawesi Tengah; Danau Tempe dan Danau Matano di Sulawesi Selatan; serta Danau Sentani di Papua.

Pada kesempatan itu secara Virtual Rusdy Mastura menyampaikan kepada Menko, bahwa sesuai Sesuai Visi Misi dan Program prioritas Gubernur adalah percepatan pengembangan potensi danau dalam hal pembangunan infratruktur lingkar danau poso serta penataan pesisir danau poso dari eceng Gondok, serta program pemberdayaan masyarakat yang ada disekitar danau poso,Kata Gubernur

Selanjutnya Menko Luhut pun menyahuti penjelasan Gubernur Rusdi Mastura ” saya percalah dengan Pak Rusdi.Ujar Menko, Luhut pun berharap agar perusaahaan yang berinvestasi di danau poso berkontribusi untuk meningkatkan pengembangan danau Poso kedepan.

tersebut Gubernur Sulteng didampingi Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan & Kesra Rohani Mastura, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulteng Komang Adisujendra, Kepala Biro Pemerintahan & Otda Arfan, Kepala Biro Administrasi Pimpinan Eddy Nicolas Lesnusa, Kabag Materi Komunikasi Pimpinan Adiman.**

Baca Juga

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *