banner 728x250

Kabupaten Banggai, Segera Memiliki Data Yang Akurat, Cepat dan Berkualitas Dengan Satu Data Indonesia

  • Bagikan

KABAR LUWUK, BANGGAI  – Bupati Banggai, Ir, H. Amiruddin Tamoreka menghadiri sekaligus membuka acara sosialisasi Satu Data Indonesia Linkup Pemerintah Kabupaten Banggai, Selasa 23/11/2021.

Kegiatan dilaksanakan di Ballroom Hotel Swissbellin Luwuk selatan, Turut hadir unsur Forkopimda Kapolres Banggai (diwakili Wakaplores), Kajari Banggai (diwakili) Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Banggai (Drs. H. Alfian Djibran, MM), Staf Khusus Bupati (Taufan Sazya), Para Pimpinan OPD, Para Kabag Setda Banggai, Para Camat, dan para nara sumber melalui zoom meeting.

Staf Ahli Menteri PPN/BAPPENAS RI (Oktorialdi, MA.,Ph.D), Kepala Deputi Bidang Metodologi Dan Informasi Statistik Nasional (Dr. ENG Imam Mahdi, MT, Kadis Kominfo Prov. Sulteng, Kepala BPS Kab. Banggai, dan Peneliti E-Goverment Institut Teknologi Sepuluh November ITS, (Toni Dwi Susanto, Ph.D)

Kadis Kominfo Banggai, Hasanuddin mengatakan bahwa dalam kegiatan ini sebagai dasar  dalam kegiatan untuk satu Data tertuang dalam DPA Dinas kominfo dan Pepres No.  39 tahun 2109 tentang satu data Indonesia, karena satu data indonesia merupakan kebijakan tata kelola pemerintah yang bertujuan  untuk menciptakan data berkualitas mudah diakses dan dapat di pakai dengan cepat, sehingga kebijakan ini sudah termuat dalam pepres No 39, dimana dalam forum satu data Indonesia, susunannya terdiri dari BPS sebagai Pembina data, Kominfo sebagai walidata, Bapeda sebagai sekretaris data, dan para OPD sebagai penyusun data. Ungkap Kadis Kominfo.

“Dalam satu data Indonesia bahwa  Presinden telah mengamanatkan kepada seluruh Pembina data , wali data dan sekretris data, untuk membangun upaya preentif dalam menyediakan data yang cepat dan berkualitas dengan memperkokoh kolaborasi, integrasi, singkronisasi dengan mengacu pada kaidah –kaidah ilmu serta memfaatkan teknologi terkini untuk mewujdukan satu data Indonesia.” Terangnya.

Lanjut Kadis Kominfo juga menyampaikan bahwa selama ini data yang sekarang digunakan masih dalam bentuk  fansial, sehingga susah untuk dikolaborasi dan untuk mendapatkan data terkadang masih sulit sehngga dengan adanya kegiatan sosialisasi Satu data Indenesia ini, Kabupaten Banggai segera memiliki data yang bisa segera diakses dengan cepat, mudah dan berkualitas. Tutupnya.

Sementar Bupati Banggai, Ir.H. Amiruddin Tamoreka sangat mengapresiasi kegiatan Sosialisasi Satu Data Indenesia, sehingga Pemerintah Kabupaten Banggai terus memberikan respon terhadap kegiatan-kegiatan yang positif dalam membangun daerah, karena saya yakin OPD mampu berperan secara aktif dalam membangun perkembangan bangsa khususnya mewujudkan Kabupaten Banggai agar sejajar dengan daerah maju lain melalui Visi Pemerintah Kabupaten Banggai yaitu terwujudnya Banggai Maju,Mandiri dan Sejahtera berbasis kearifan local. Ungkap Bupati.

Selanjutnya untuk data statistic sectoral mempunyai peran penting dalam suatu pembangunan, sehingga berdasarka data merupakan tugas yang harus dilakukan,karena data akan menjadi dasar dan bahan pertimbangan pemerintah dalam mengambil suatu keputusan.

Olehnya itu dengan terbentuknya forum satu data Banggai ini dapat mewujudkan basis data yang akurat,terpadu, terpusat dan terintegrasi sehingga tidak ada data yang tidak valid keluar dari Organisasi Perangkat Daerah, tentu dengan melakukan evaluasi atau validasi data yang masuk. Ucap Bupati.

“Bupati Banggai juga mengingat betapa pentingnya pelaksanaan sosialisasi pada hari ini dan melalui kesempatan ini saya harapkan peserta dapat mengikuti dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggungjawab, sehingga apa yang menjadi tujuan dari kegiatan ini memberi pengetahuan untuk forum komunikasi satu data Indonesia lingkup Pemerintah Kabupaten Banggai.” Imbuhnya. ** ( IM).

Baca Juga

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *