banner 728x250

Berkat Program JKN-KIS, Biaya Pengobatan Tidak Lagi Menjadi Masalah Buat Asma

  • Bagikan

“Pastinya sangat bersykur karena sudah jadi peserta . Kalau tidak ada uang, tidak perlu takut lagi tiba-tiba kita sakit, karena sudah ada yang menjamin”

Salakan, Jamkesnews –  Manfaat Program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat () terus memberikan manfaat kepada sebagaian besar masyarakat sejak dilaksanakan pada tahun 2014 lalu. Salah satu peserta yang telah merasakan manfaatnya adalah Asma (39), warga desa Kautu, Kecamatan Tinangkung, Kabupaten Banggai Kepulauan. Asma merupakan peserta JKN-KIS dari segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI APBN). Sebagai masyarakat yang tergolong tidak mampu Program JKN-KIS sangat bermanfaat dan membantu bagi dirinya.

Saat dikunjungi di rumahnya, Asma mengaku kendala besarnya ketika sakit melanda adalah biaya pengobatan, namun berkat JKN-KIS kini hal tersebut sudah tidak lagi menjadi masalah bagi Asma dan keluarga.

“Pastinya sangat bersykur karena sudah jadi peserta BPJS. Kalau tidak ada uang, tidak perlu takut lagi tiba-tiba kita sakit, karena sudah ada yang menjamin. Alhamdulillah, terima kasih dan pemerintah yang telah menjamin kesehatan saya dan keluarga,” ungkap Asma.

Asma juga menceritakan kala dirinya harus dirujuk ke rumah sakit dan menjalani rawat inap karena sakit yang dia deritanya. Asma awalnya merasa tidak yakin dan khawatir dengan biaya pengobatan yang harus dia keluarkan kala itu. Namun ternyata hal itu tidak terjadi, seluruh biaya perawatan dan pengobatan sudah ditanggung oleh JKN-KIS.

“Saya pernah dirawat di rumah sakit karena gejala gagal ginjal, awalnya saya takut dengan biaya pengobatannya, tapi ternyata dari awal msuk sampai keluar rumah sakit, tidak ada sedikitpun uang saya terpakai. Sejak saat itu, jika sakit saya jadi semakin yakin lagi untuk pergi berobat ke Puskesmas. Kalau sudah sakit dan butuh pengobatan, langsung saja ke Puskesmas,” cerita Asma.

Mengakhiri pembicaraan Asma berharap BPJS Kesehatan Bersama Program JKN-KIS selalu dapat memeberikan yang terbaik untuk kesehatan masyarakat Indonesia yang lebih luas lagi. (as/pw)

Baca Juga

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *