banner 728x250

SD GKLB 2 Gelar Gladi ANBK 2021

  • Bagikan

Penulis : Ramli Zakaria

, – Sekolah Dasar (SD) GKLB 2 gelar Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). Giat tersebut di Ikuti belasan siswa dan siswi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes), pada Senin (25/10/).

Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) merupakan program evaluasi yang diselenggarakan oleh sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses, dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan yang berbasis komputer.

Sebagai langkah-langkah persiapan pelaksanaan ANBK Kemdikbud mempersiapkan tahapan yang perlu dilakukan oleh satuan pendidikan salah satu diantaranya adalah simulasi dan gladi bersih ANBK .

Simulasi ANBK yaitu semacam metode pelatihan bagi satuan pendidikan yang akan menyelenggarakan ANBK , yang bertujuan untuk memperkenalkan bentuk soal ANBK yang diantaranya berupa soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), survei karakter, survei lingkungan belajar.

Disamping itu simulasi ANBK bertujuan untuk memperkenalkan peserta didik cara menggunakan perangkat komputer agar saat pelaksanaannya peserta didik dapat melaksanakan dengan lancar dan sukses.

Pelaksanaan simulasi ANBK sesuai dengan surat edaran dari Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.

Kepalah Sekolah (Kepsek) SD GKLB 2 Luwuk Lius Satolom mengungkapkan jika Pelaksanaan ANBK di Sekolahnya adalah merupakan bentuk persiapan atau gladi bersih untuk memperkenalkan kepada semua siswa khususnya siswa dan siswi yang duduk di kelas VI (Enam) karena akan menghadapi ujian yang akan menggunakan perangkat komputer.

“Giat Gladi ANBK ini memastikan seluruh kesiapan satuan pendidikan baik tempat, alat komputer, jaringan internet. Semua persyaratan telah dilengkapi, pengecekan alat telah dilakukan oleh teknisi komputer pada intinya pelaksanaan hari ini berjalan cukup baik,” tutup Lius Satolom.**( Rz).

Baca Juga

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan