banner 728x250

AJI Palu Road to Campus, Kenalkan Teknik Menulis Berita, Fotografi dan Videografi di Unismuh Luwuk

  • Bagikan

, – Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Palu melaksanakan pelatihan jurnalistik ke puluhan mahasiswa Universitas Muhammadiyah (Unismuh) , Senin (5/10/2021). Kegiatan yang berlangsung di Gedung Ahmad Dahlan itu diharapkan menjadi tonggak berdirinya pers kampus.

AJI Palu laksanakan road to campus untuk kenalkan teknik menulis berita, fotografi, dan videografi kepada mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan (Fisip) Unismuh .

Kegiatan yang digagas Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fisip Unismuh Luwuk itu diapresiasi WR III Unismuh Luwuk, Agung K Djibran. Menurutnya, pelatihan jurnalistik penting bagi mahasiswa Fisip Unismuh.

Alasannya karena dalam Fisip terdapat program studi Ilmu Komunikasi, yang didalamnya juga terdapat mata kuliah media massa. Selain itu, Ilmu Komunikasi juga tengah menghidupkan Pers Kampus.

Ia berharap Pers Kampus dapat hidup dan aktif sehingga mampu menambah nilai dari Universitas Muhammadiyah Luwuk sebagai instrumen keaktifan UKM di kampus hijau.

“Salah satu indikator penilaian webometrics adalah keaktifan mahasiswa dalam kegiatan seperti Pers Kampus,” paparnya, Selasa 5 Oktober 2021 di ruang pasca sarjana Unismuh Luwuk.

Oleh karena itu, Ia meminta seluruh mahasiswa yang ikut pada kegiatan pelatihan jurnalistik dapat memerhatikan dengan baik dan bisa mengaplikasikan materi yang diberikan ke Pers Kampus.

Pada pelatihan yang dibawakan oleh anggota AJI Palu tersebut, mahasiswa diharapkan mampu memahami teknik menulis berita, mengambil gambar bercerita dan video yang layak ditayangkan.

Hadir sebagai pemateri Irwan K. Basir yang membawakan teknik menulis berita, Muh Taufik Basri dengan fotografi jurnalistik, Rahmat Azis (Content Creator) tentang videografi dan Stepensopyan Pontoh yang membawakan materi terkait Kode Etik Jurnalistik dan Kode Perilaku AJI.

Selain materi di atas, para mahasiswa juga diingatkan terkait ancaman pasal karet pada UU ITE dalam bermedia sosial, serta memerhatikan pengambilan gambar video agar tidak bertentangan dengan aturan atau pedoman perilaku penyiaran dan standar program siaran.***

Baca Juga

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan