< IMIP

Lari Saat Penangkapan, Pelaku Curat Ditembak Polisi

KABAR LUWUK, Luwuk – Berulang kali melakukan pencurian dengan pemberatan berupa bongkar sadel motor dan mengambil isi dalam bagasi, Teguh Santoso (31) warga Desa Biak, Kecamatan Luwuk Utara akhirnya tertangkap juga. Bahkan Senin (15/7) sekira pukul 17.00 wita, unit jatanras Maleo Satreskrim Polres Banggai harus melumpuhkan pelaku dengan tembakan saat berusaha melarikan diri kala hendak ditangkap.

Kapolres Banggai AKBP Moch Sholeh yang dimintai keterangannya melalui Kasat Reskrim AKP Pino Ary membenarkan adanya penangkapan pelaku curat yang selama ini meresahkan warga. Teguh Santoso berdasarkan penyelidikan telah melakukan setidaknya enam kali pencurian dengan pemberatan berupa bongkar sadel. Terakhir dirinya melakukan curat pada hari Sabtu (13/7) sekira pukul 12.30 wita di Depan Panti Asuhan Aisyiah Kompleks Rajawali, Kecamatan Luwuk. Saat itu uang dan sejumlah barang milik Muhammad Akbar warga Kelurahan Kilongan Permai, Kecamatan Luwuk Utara berhasil dibawa kabur pelaku.

“Pelaku spesialis Curat ini berhasil kita tangkap, namun saat hendak ditangkap pelaku berusaha melarikan diri sehingga petugas memberikan tembakan peringatan namun tetap saja pelaku lari sehingga terpaksa kita lumpuhkan dengan menembak ke arah kaki pelaku,” kata Kasat Reskrim.

Diceritakan AKP Pino Ary, pada hari Sabtu tanggal 13 Juli 2019 Team Maleo Jatanras Polres Banggai mendapat laporan telah terjadi tindak pidana pencurian dengan pemberatan berupa bongkar sadel dengan kerugian uang tunai Rp. 10.000.000 dengan TKP di Depan Panti Asuhan Aisyiah komplek Rajawali, saat itu pelapor tengah membawa pesanan sayur ke Panti asuhan tersebut. Setelah itu Team Maleo Jatanras melakukan pulbaket dan mencari kemungkinan CCTV yang menangkap kejadian tersebut. Dan didapat baket berupa rekaman CCTV yang memperlihatkan kejadian curat tersebut dengan jelas. selanjutnya Team Maleo Jatanras Banggai melakukan lidik terkait kasus tersebut.

Pada hari Senin tanggal 15 Juli 2019 sekira pukul 16.00 wita Team Maleo Jatanras SatReskrim Polres Banggai berhasil menangkap pelaku curat di kawasan Biak, Luwuk Utara. Sayangnya pada waktu hendak ditangkap pelaku berusaha lari dari kejaran petugas sehingga Team Maleo Jatanras memberikan tembakan keudara namun tidak diindahkan pelaku dan selanjutnya Team Maleo Jatanras melumpuhkan pelaku dibagian kaki.

“Keterangannya dia sudah melakukan curat berupa bongkar sadel dan mencuri isi bagasi di enam TKP, terakhir pelaku melakukan aksinya di depan Panti Asuhan itu dan terekam kamera CCTV. Saat ini pelaku sudah kita amankan dan telah kita tetapkan sebagai tersangka,” tambah perwira tiga balak ini.

Polisi saat itu berhasil mengamankan barang bukti berupa, tas warna biru navy milik korban Muhammad Akbar, 2 buah flashdisk, dompet beserta surat2 milik pelaku dan uang Rp. 6.090.000 milik korban. Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya, Teguh dijerat penyidik dengan pasal 362 KUHP. Pelaku sempat mendapatkan perawatan medis di RSUD Luwuk terkait luka yang dideritanya namun saat ini telah berada di Polres Banggai. (ikb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *