< IMIP

Lima OTG Positif Corona di Buol Menambah Jumlah di Sulteng Menjadi 47 Kasus

KABAR LUWUK, – Pertambahan kasus orang terkonfirmasi positif virus disease (covid-19) di Sulawesi Tengah kian memprihatinkan. Pada hari ini Rabu (29/4/2020) Pusdatina Covid-19 Provinsi merilis jumlah total telah menyentuh angka 47 kasus. Menariknya lima orang terkonfirmasi positif itu merupakan Orang Tanpa Gejala (OTG) yang kini tengah dirawat di RSUD . Hal itu diungkap jubir Pusadtina covid-19 Sulteng Drs Haris Kariming kepada sejumlah awak media.

Diterangkan Haris Kariming, update pada hari ini jumlah total orang terkonfirmasi postif telah mencapai angka 47 kasus, tiga dinyatakan meninggal dunia dan delapan orang dinyatakan sembuh. Pada hari ini juga Haris Kariming menyebutkan ada lima penambahan positif kasus baru dari sebelumnya hanya berjumlah 42 kasus. Lima orang terkonfirmasi positif itu berstatus OTG yang setelah dilakukan uji swab dinyatakan positif.

“Jumlah kasus positif di hari ini lima kasus , sehingga total positif 47 kasus  di Provinsi Sulteng ,ketambahan lima kasus positif itu adalah masyarakat dengan status OTG, setelah dilakukan rapid tes dan uji swab hasil laboratorium dinyatakan positif covid-19,” jelas Haris Kariming.

Kelima orang berstatus positif covid-19 yang awalnya merupakan OTG itu kini tengah dirawat di RSUD . Secara keseluruhan jumlah terbanyak orang terkonfirmasi positif di Sulteng masih di pegang Kota dengan jumlah 15 kasus kemudian disusul Morut 12 kasus dan selanjutnya dengan total 9 kasus. untuk Kabupaten Poso saat ini jumlah totalnya telah mencapai enam kasus , Morowali ada tiga kasus dan Sigi dua kasus.

“Pada hari ini juga kita umumkan adanya OTG terkonfirmasi positif di wilayah Sulawesi Tengah. Pada umumnya seperti status mereka OTG maka orang tersebut tidak memiliki gejala covid-19 namun setelah dilakukan uji rapid dan swab ternyata mereka terkonfirmasi positif,” tambah jubir Pusdatina covid-19 Sulteng ini.

Dengan adanya OTG terkonfirmasi positif itu mengindikasikan adanya OTG lainnya di luar yang mesti di waspadai termasuk warga harus pandai menjaga jarak serta menggunakan masker. Pasalnya banyak OTG yang kemudian tidak menyadari bahwa mereka telah terpapar covid-19 yang dapat menularkan kepada orang di sekitar mereka.

Olehnya itu Haris Kariming meminta agar warga terutama di wilayah yang memiliki OTG terkonfirmasi positif untuk tetap senantiasa mengikuti anjurn pemerintah. Seperti menjaga jarak, menggunakan masker jika keluar rumah, mencuci tangan, mengkonsumsi makanan yang bergizi dan yang telah dimasak serta berolahraga. (IkB)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *