< IMIP

Pameran Bahari Promosikan Produk Hasil Kelautan Kabupaten Banggai

KABAR LUWUK, BANGGAI – Pelbagai produk olahan perikanan dan kelautan dipamerkan pada Pameran Bahari yang digelar di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Teluk Lalong, Luwuk, Kabupaten Banggai. Produk yang ditampilkan pada kegiatan itu merupakan produk yang dihasilkan oleh kelompok nelayan kecil yang ada di Desa Lambangan dan Uwedikan.

Kegiatan yang mengusung tema “Laut Terjaga Nelayan Sejahtera” itu tidak hanya memamerkan produk hasil laut, namun juga memamerkan produk-produk usaha kecil menengah (UKM) dan produk kerajinan dari komunitas-komunitas yang ada di Luwuk.
Pameran bahari merupakan rangkaian kegiatan lokakarya dan pelatihan keamanan pangan yang diselenggarakan Jaring Advokasi Pengelolaan Sumber Daya Alam (JAPESDA), Burung Indonesia (BI), Critical Ecosystem Partnership Fund (CEPF) sejak 28-29 September 2022, yang didukung oleh Pemerintah Kab. Banggai, Universitas Muhammadiyah (unismuh) Luwuk dan DST Production.

Direktur JAPESDA Nurain Lapolo menuturkan, pameran bahari menjadi kesempatan yang baik untuk mempromosikan produk olahan kelautan yang dihasilkan oleh kelompok nelayan Desa Lambangan dan Uwedikan.
“Kami bertujuan untuk memamerkan produk-produk dari olahan hasil perikanan dan kelautan dari desa binaan kami yaitu Desa Uwedikan dan Desa Lambangan,” kata Ain, Kamis (29/09/22).

Ain juga mengatakan, lewat pameran bahari diharapkan mampu untuk mendongkrak perekonomian produk-produk kelautan yang dihasilkan nelayan lokal.

Menurutnya upaya meningkatkan perekonomian nelayan tidak cukup sampai di kegiatan pameran. Kegiatan ini hanya sebagian kecil usaha pengenalan, sehingga butuh tindakan yang lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *